Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdulillah, marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya kepada kita. Sehingga kita selalu senantiasa diberikan kesehatan untuk menjalankan aktivitas secara optimal.

Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru, S.H., M.M menunjukkan kepedulian dan perhatian kepada masyarakat khusus nya pelajar Se-Sumatera Selatan, dalam program yang di selenggarakan beliau dengan judul “Pelayanan Kesehatan Mata PENGGARIS (Penanggulangan Gangguan Refraksi bagi Siswa) ” sebagai bentuk program dalam membantu masyarakat dan khususnya para pelajar di Sumatera Selatan dalam membantu Peserta didik dalam proses belajar dan Mengajar.

Kegiatan berupa Screening Program Penanggulangan Gangguan Refraksi bagi siswa (PENGGARIS) yang dilakukan pada tanggal 13 September 2022. Inovasi PENGGARIS (Penanggulangan Gangguan Refraksi bagi Siswa) adalah inovasi dibidang kesehatan mata yang ditujukan untuk mendeteksi, mengedukasi dan menanggulangi gangguan refraksi atau mata rabun dengan memberikan kacamata secara gratis kepada siswa/siswi tingkat SMA dan SMK di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Program yang dikelolah pihak Rumah Sakit Khusus Mata provinsi Sumatera Selatan dengan Dinas Kesehatan provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Sumatera Selatan serta oleh Dinas Kesehatan Kota Prabumulih melaksanakan Program PPENGGARIS (Penanggulangan Gangguan Refraksi bagi Siswa) di SMA Negeri 2 Prabumulih pada tanggal 13 September 2022 yang dimulai pukul 9.30 WIB di Gedung Serbaguna SMA Negeri 2 Prabumulih, yang di buka dengan pembukaan dan arahan dari Waka Sarana dan Prasarana ibu Najmiati, M.Pd. dan dr. Hasanuddin, SpM. peserta didik SMA Negeri 2 Prabumulih mengikuti program tersebut dengan sangat bersemangat, sebanyak 63 orang di indikasikan memiliki gangguan penglihatan dan dinilai layak mendapatkan bantuan Kacamata gratis dari salah satu Program yang digalang oleh Bapak H.Herman Deru, S.H., M.M

Setelah dilakukan pemeriksaaan, proses pembuatan kacamata dilakukan, bertepat pada tanggal 14 Februari 2023 sebanyak 63 kacamata bantuan untuk peserta didik SMA Negeri 2 Prabumulih, yang diambil di SMK Negeri 2 Prabumulih dan diterima oleh perwakilan SMA Negeri 2 Prabumulih, Ibu Arika Fitria, S.Pd., Ibu Ida Harini, S.Pd.,M.Pd., Ibu Soraya, S.Pd.,M.Si. dan Ibu Rita Kristianingsih, S.Si., M.Pd.

Pada tanggal 17 Februari 2023, bertempat di gedung Serbaguna SMA Negeri 2 Prabumulih, dilaksanakan pembagian kacamata secara gratis sebagai bentuk bantuan dari Program PENGGARIS yang menjadi salah satu Inovasi dari bapak Gubernur Sumatera Selatan, bantuan yang diterima oleh SMA Negeri 2 Prabumulih berjumlah 63 Kacamata yang terbagi menjadi 30 kacamata untuk siswa kelas X, 9 kacamata untuk kelas XI, dan 24 kacamata untuk kelas XII. Pembagian kacamata diberikan secara simbolik oleh Ibu Eva Yusnita, S.P.d., M.Pd selaku Kepala SMA Negeri 2 Prabumulih, dalam kegiatan yang berlangsung Ibu Eva Yusnita, S.Pd., M.Pd mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Bapak H.Herman Deru, S.H., M.M selaku Gubernur Sumatera Selatan, beliau juga menghimbau untuk para peserta didik SMA Negeri 2 Prabumulih agar terus bersemangat dalam menuntut ilmu dan memanfaatkan bantuan kacamata yang telah diberikan dengan baik.

Program Inovasi PENGGARIS ini di ikuti oleh peserta didik SMA Negeri 2 Prabumulih dengan sangat antusias, peserta didik SMA Negeri 2 Prabumulih juga sangat berterimakasih dengan program yang telah digalang oleh Bapak H.Herman Deru, S.H., M.M selaku Gubernur Sumatera Selatan diharapkan dengan adanya program Penanggulangan Gangguan Refraksi bagi Siswa (PENGGARIS) dapat membantu dan memperlancar peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sehingga prestasi dapat terjaga dan  meningkat serta dapat membantu peserta didik SMA Negeri 2 Prabumulih dalam menempuh masa depan yang gemilang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb.

Wonderful Smanda!
#TogetherWeCan

Smanda Kita, Smanda Bisa, Smanda Jaya!